PENERAPAN METODE SAS DENGAN
PENDEKATAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAA
Oleh
SUPARMAN ROSID, S.Pd.
KAJIAN PUSTAKA
1.
Kemampuan Membaca Permulaan
a.
Pengertian Membaca Permulaan
Ritawati
(1996:43) mendifinisikan membaca permulaan sebagai membaca awal yang diberikan kepada
anak di kelas I dan II sebagai dasar untuk pelajaran selanjutnya. Sebagai
kemampuan yang mendasari untuk pelajaran lainnya, maka kemampuan membaca
permulaan benar-benar memerlukan perhatian guru, sebab jika dasar itu tidak
kuat, anak akan mengalami kesulitan untuk belajar. Disebut permulaan karena
merupakan kegiatan utama dan pertama yang diajarkan kepada siswa saat awal masa
sekolah, yang akan menjadi landasan dasar bagi pemerolehan bidang-bidang ilmu
lainnya.
b.
Kemampuan Membaca Permulaan
Berangkat dari
difinisi membaca permulaan sebagai membaca awal yang diberikan kepada anak di
kelas I dan II sebagai dasar untuk pelajaran selanjutnya. Dan tujuan membaca
permulaan untuk dapat mengubah dan melafalkan lambang-lambang tertilis menjadi
kata-kata dan kalimat sederhana dengan tepat. Maka dapat disimpulkan bahwa
kemampuan membaca permulaan adalah kemampuan peserta didik untuk dapat
melafalkan lambang-lambang tertulis menjadi kata-kata dan kalimat sederhana
dengan tepat.
Dari uraian di
atas, Seseorang dikatakan mampu membaca permulaan adalah jika dapat: (1)
mengenal dan melafalkan huruf-huruf; (2) melafalkan suku-suku kata; (3)
melafalkan kata-kata; (4) melafalkan kalimat sederhana; (5) melafalkana
beberapa kalimat sederhana (Ritawati, 1996:43).
Lebih dikhususkan
lagi, kemampuan membaca permulaan untuk siswa kelas I SD dalam KTSP dituntut
untuk dapat: (1)Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang
tepat; (2) Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang
tepat; (3) Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata
dengan intonasi yang tepat; (4) Membaca puisi anak yang terdiri atas 2-4 baris
dengan lafal dan intonasi yang tepat. (BSNP, 2006: 121-122)
2.
Penerapan Metode SAS dengan Pendekatan PAIKEM
1.
Metode SAS (Struktur, Analitik, dan Sintetik)
a. Pengertian
Metode SAS
Metode SAS adalah suatu pendekatan cerita yang
disertai dengan gambar, yang didalamnya terkandung unsur struktur analitik
sintetik. Proses operasional metode SAS mempunyai langkah-angkah (1) Struktur yaitu
menampilkan keseluruhan; (2) Analitik yaitu melakukan proses penguraian; (3)
Sintetik yaitu melakukan penggabungan pada struktur semula. (Supriyadi dalam Surikin.blogspot.com)
b. Langkah-langkah
Pembelajaran dengan Metode SAS
Menurut Surya (dalam s-surya62.blogspot.com)
bahwa dalam penerapannya, Metode SAS menempuh langkah-langkah:
1.
Guru
bercerita atau Tanya jawab dengan murid disertai gambar (gambar sebuah
keluarga).
2.
Membaca
beberapa gambar, misalnya: gambar ibu, ayah, nana, dsb.
3.
Membaca
beberapa kalimat dengan gambar, misalnya di bawah ini gambar seorang ibu
terdapat bacaan "ini mama mami".
4.
Setelah
hafal, dilanjutkan membaca tanpa bantuan gambar. Misalnya: ini mama noni, ini
nana.
5.
Menganalisis
sebuah kalimat menjadi kata, suku kata, dan huruf kemudian mensinteskannya
kembali menjadi kalimat.
2.
Pendekatan
PAIKEM
a.
Hakikat dan Pengertian PAIKEM
PAIKEM adalah
singkatan dari pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan
Menyenangkan. Dalam PAIKEM digunakan prinsip-prinsip pembelajaran berbasis
kompetensi. Pembelajaran berbasis kompetensi adalah pembelajaran yang dilakukan
dengan orientasi pencapain kompetensi peserta didik. Sehingga muara akhir hasil
pembelajaran adalah meningkatnya kompetensi peserta didik yang dapat diukur
dalam pola sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Selanjutnya,
oleh Jauhar (2011:150) PAIKEM didefinisikan sebagai pendekatan mengajar (approach to teaching) yang digunakan
bersama metode tertentu dan berbagai media pembelajaran yang disertai penataan
lingkungan sedemikian rupa agar proses pembelajaran menjadi aktif, inovatif,
kreatif, efektif dan menyenangkan. Dengan demikian siswa menjadi tertarik dan
mudah menyerap pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan.
b.
Langkah-langkah Penerapan Metode SAS dengan Pendekatan PAIKEM
Untuk mewujudkan pembelajaran aktif, inovatif,
kreatif, efektif dan menyenangkan maka PAIKEM mebutuhkan metode/strategi
pembelajaran dan pemanfaatan media/ alat bantu pembelajaran yang relevan. Salah
satu metode yang dapat diterapkan dengan Pendekatan PAIKEM untuk membelajarkan
membaca permulaan adalah Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS).
Adapun langkah-langkah
penerapan Metode SAS dengan Pendekatan PAIKEM dalam membelajarkan membaca
permulaan adalah sebagai berikut:
1.
Menyajikan
beberapa gambar yang dekat dengan lingkungan siswa;
2.
Guru
bercerita atau tanya jawab dengan murid tentang gambar sebagai pancingan agar
siswa mengenal dan menyebutkan identitas gambar;
3.
Tahap
berikutnya gambar dapat dilengkapi dengan identitas gambar;
4.
Membimbing
siswa membaca identitas gambar dan menganalisisnya menjadi suku kata &
huruf kemudian mensinteskannya kembali kata;
5.
Menyajikan
gambar aktivitas sehari-hari yang dekat dengan siswa;
6.
Guru
bercerita atau tanya jawab dengan murid tentang gambar sebagai sebuah pancingan
agar semua siswa dapat mendeskripsikan gambar;
7.
Tahap
berikutnya gambar dapat dilengkapi dengan kalimat yang mendeskripsikan gambar;
8.
Membimbing
siswa membaca kalimat yang mendeskripsikan gambar dan menganalisisnya menjadi
kata, suku kata, dan huruf kemudian mensinteskannya kembali menjadi kalimat.
DAFTAR
PUSTAKA
Broto, A.S. 1974.
metode-sas-struktural-analitik-sintetik.
ras-eko.blogspot.com /2011/.../htm. Diakses tgl 08 Mei 2013
BSNP. 2006. Standar Kompetensi dan akompetensi Dasar. Jakarta BSNP
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Sinar
Grafika
Murdani. 2011. PTK Penerapan
Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatan
Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 4 Gerung Utara Tahun Pelajaran
2010/2011“. Mataram: FKIP Universitas Mataram.
Ritawati, Wahyudin. (1996). Bahan Ajar Pendidikan Bahasa Indonesia di
Kelas-kelas Rendah SD. Padang. IKIP
Saiful, dkk. 2011. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas
Rendah. Mataram: CERDAS Press Mataram.
Supriyadi
1996. Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik).surikin.blogspot.com /.../metode-sas-struktural-analitik-sintetik.html. diakses 27-02-2013.
Surya, S.
2012. dasar-dasar-pembelajaran-metode-sas. s-surya62.blogspot.com
/2012/.../html. Diakses tanggal 8 Mei 2013
How to Play Baccarat | Online casinos with bonus codes
BalasHapusHow to play Baccarat in online worrione casinos with bonus codes: - The free online casino game play kadangpintar is 샌즈카지노 a game which has an RTP of 96.47%, making it the highest